Ambon terkenal dengan panorama pantai yang indah. Keindahan pantainya bahkan sudah terkenal hingga luar negeri. Tak jarang pantai-pantai di Maluku sering dijadikan destinasi bagi para wisatawan. Terkenal dengan keindahan pantai-pantainya membuat Maluku kerap dijadikan tuang rumah beberapa event skala internasional.
Umumnya pantai-pantai di Maluku memang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tidak hanya Pantai Ora dan Pulau Osi saja. Masih ada Banda Neira yang juga terkenal dengan perairan yang biru jernih dengan hamparan pasir putih. Belum lagi pantai-pantai di setiap sudut Kabupaten Maluku dan sekitarnya yang belum dieksplor secara mendalam.
Dipastikan hingga saat ini Maluku masih menyimpan berbagai keindahan pantai-pantai yang belum dijamah turis-turis pencinta keindahan pantai. Seperti yang sudah banyak bertebaran di dunia maya, bahwa pantai-pantai di Maluku terkenal dengan pasir putih yang halus, air laut yang jernih bahkan keindahan perairan dan laut di Maluku tidak kalah indah dengan Bali.
Berbicara soal Maluku memang tidak akan pernah habis, apalagi jika sudah berbucara soal keindahan pantainya. Tapi tidak hanya daerah pantainya saja yang memiliki keindahan alam yang bikin berdecak kagum. Ambon yang merupakan ibukota dari propinsi Maluku ini juga punya pesona lain yang tak kalah dengan pantainya.
Memang tempat wisata Ambon ini banyak yang unik dan menggelirik untuk dijelajahi. Berikut adalah 5 tempat wisata Ambon yang bisa kamu kunjungi.

1. Jembatan Merah Putih

wisata ambon
Image: Chedam Photoworks
Jembatan Merah Putih (JMP) merupakan ikon terbaru Kota Ambon, jembatan ini diresmikan pada tahun 2015. Jembatan ini menghubungkan antara lintas Poka dan Galala. Keberadaan jembatan ini mempermudah akses transportasi bagi masyarakat Ambon.
Selain mempermudah akses transportasi, keberadaan Jembatan Merah Putih ini sekarang menjelma menjadi pusat rekreasi bagi masyarakat lokal. Banyak warga lokal yang berfoto dengan latar belakang Jembatan Merah Putih karena pemandangannya sangat indah. Apalago saat malam hari ketika lampu sudah mulai menyala, Jembatan Merah Putih ini semakin cantik dipandang. Jadi jangan lupa mengabadikan dirimu di sini ya!

2. Warung Rujak Natsepa

wisata ambon
Image: Pinterest
Sama dengan wilayah wisata lainnya, tentu saja Ambon memiliki kuliner khas yang wajib untuk dicoba. Warung Rujak Natsepa ini sudah menjai tempat wisata unik Ambon yang jangan sampai terlewat. Tentu saja rujak ini berbeda dengan rujak-rujak yang mungkin pernah kamu makan.
Rujak khas buatan Usi-isi (Sebutan untuk tante bahi masyarakat Ambon) ini punya cita rasa berbeda dan unik. Makanya rujak Natsepa ini diincar para wisatawan. Bukan hanya rasanya saja, Warung Rujak Natsepa ini punya lokasi yang sangat istimewa. Warung ini langsung menghadap ke pantai dengan pemandangan laut lepas yang biru.
Rasanya nggak akan menemukan tempat makan rujak seperti di Warung Rujak Natsepa ini deh. Bagi masyarakat Ambon, rujak Natsepa ini adalah tempat yang cozy untuk nongkrong. Ya, layaknya kamu ngopi di coffee shop.

3. Pemandian Air Panas Tulehu

wisata ambon
Image: lostpacker.com
Tempat wisata pemandian air panas ini berlokasi di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu. Pemandian air panas ini berlokasi dekat dengan Pantai Tulehu. Pemandian air panas yang mengandung belerang yang tinggi ini memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit.
Diantaranya mengobati reumatik, kelumpuhan, penyakit kulit, melangsikan badan dan menurunkan kolesterol. Khasiat ini dipercayai oleh warga lokal dan tetua adat di sekitar Pemandian Air Panasa Tulehu. Lokasi pemandiannya pun sangat unik, terletak di bawah bukit sehingga terkesan seperti berada di dalam hutan.

4. Pantai Liang

wisata ambon
Image: Travel Kompas
Seperti yang sudah disebutkan di awal, Ambon memang dikenal dengan keindahan pantainya. Banyak pantai indah yang bisa kamu kunjungi selama berlibur ke Kota Ambon. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Liang yang juga jadi pantai favorit warga Ambon.
Pantai Liang sendiri berlokasi di Kampung Liang yang jaraknya sekitar 30 Km dari Kota Ambon. Walaupun agak jauh, pantai ini wajib dikunjungi karena hamparan pasir putihnya yang nggak mungkin bisa kamu tolak. Pantai Liang ini juga lokasinya dekat dengan akses pelabuhan makanya banyak yang menjadikannya lokasi untuk piknik.

5. Pulai Bair

wisata ambon
Image: exploremaluku.blogspot.com
Raja Ampat memang dikenal dengan keindahannya, nah Ambon nggak kalah karena punya Pulai Bair. Pulau ini mirip dengan Raja Ampat yang terkenal dengan gugusan pulau-pulau kecilnya. Kalau punya mimpi berenang di lauat dengan air biru yang jernih, kamu bisa mewujudkannya di Pulau Bair.
Walaupun jauh dari Kota Ambon, Pulai Bair ini wajib kamu kunjungi. Apalagi kamu yang suka bersantai di pinggir pantai sambil menikmati keindahan laut dan pemandangan sekitarnya. Nggak perlu melakukan aktivitas apapun, Pulau Bair ini bisa membuatmu rileks dengan pemandangannya yang sangat indah.
Sudah puas menjelajah pantai dan Kota Ambon? Sebelum pulang kamu wajib juga membeli oleh-oleh khas Ambon. Kota Pattimura ini terkenal dengan beberapa makanan khas yang unik. Selama di Ambon kamu bisa puas makan seafood segar setiap hari. Untuk buah tangan kamu bisa membeli oleh-oleh unik seperti bagea bundar, manisan pala, sagu tumbuh, sagu lempeng, roti kaya, lapat dan tentu saja minyak urut Mamamal khas Ambon.
Selan tempat wisata Ambon unik yang sudah disebutkan tadi, masih banyak lho tempat wisata lainnya yang nggak kalah menarik. Kalau kamu sudah pernah ke Ambon ceritakan tempat wisata favoritmu yang lain di kolom komentar di bawah ya ShopBackers!